Kartu NUPTK Aceh Besar

Saturday, January 5, 2013

Persiapan Sebelum Mengikuti Pelatihan Pivot Table

Mengingat waktu pelatihan hanya 1 hari, sebagaimana saya pernah berjanji di Facebook untuk membuat format untuk mendukung pelatihan Pivot Table yang akan dilaksanakan dalam bulan ini,

oya mungkin saya jelaskan lagi sekilas tentang pengertian Pivot Table.
Pivot table adalah cara membuat laporan atau meringkas informasi tabel atau daftar data dalam excel sehingga diperoleh informasi yang ringkas dan cepat.

Dengan Pivot Table Excel kita dapat menganalisis, meringkas dan memanipulasi data sehingga kita memperoleh informasi untuk mengambil keputusan.

Semua orang pasti tau dan pernah menggunakan Microsof Excel.
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013.



Kalau anda belum tau dengan microsoft Excel, berarti anda belum bisa komputer (orang yang belum bisa komputer tidak boleh ikut pelatihan hehehehe)

Jadi apasih perbedaan Ms. Excel, dengan Pivot Table kok Ms. Excel lagi sih .......  Ms. Excel Singkatan dari (Microsoft Excel), mengingat salah satu pertanyaan (komentar) di Facebook "Saya mau ikut, tapi saya ga punya pivot table gimana pak afdhal?" Pivot Table itu adalah salah satu fungsi dari Ms. Excel.

Saya yakin banyak orang yang sudah mahir  menggunakan Ms. Excel, tapi dia tidak pernah mencoba yang namanya Pivot Table, saya sendiri juga baru tau hehehehehe.

Oya mungkin bagi anda yang mau mengikuti Pelatihan Gratis dari saya masih penasaran, apasih kegunaan Ms. Excel bagi kami sebagai Guru dan Operator,

Mungkin anda semua tau yang namanya LI (Laporan Individu) coba anda pikirkan lagi berapa lama anda menghabiskan waktu untuk mencari data atau mengisi LI tersebut, seperti Jumlah siswa menurut Umur dikelas 1 - 6 (SD), 1-3 (SMP) dan juga untuk mencari Data Guru menurut masa kerja, umur, Pangkat dll.

Saya yakin diberikan waktu 2 (dua) jam anda juga tidak bakalan siap menginput data yang benar, tetapi percayalah jika anda bisa menggunakan yang namanya Pivot Table, 1 (satu) menit anda sudah siap melakukan semua itu, oooooo kok ceeeeepat kali ngak percaya kami !!!! okelah kalau ngak percaya saya naikkan lagi waktunya menjadi 5 (lima) menit, pasti percayakan ............???? Pecaya ngak percaya juga harus percaya.

Itukan gunakanya untuk operator, bagaimana dengan kami yang guru-guru, baiklah saya berikan contoh lagi, mungkin dulunya anda mencari nilai rata-rata siswa masih menggunakan kalkulator kemudian di catat di kertas (Ngax Jaman lagi mas brooooo untuk main catat-catat !!! inikan era tekhnologi), coba pikirkan berapa lama anda menghabiskan waktu hanya untuk mencari nilai rata-rata hanya 20 orang siswa 1 jam 2 jam ??

Pak Afdhal ini banyak sekali ceritanya, kapan kasih Formatnya ni !!! hehehe sabar ya ........

Sebelum kita menggunakan Pivot Table anda semua harus menyiapkan database dulu, baik database Guru maupun database peserta didik. kok database lagi..... jadi pusing ni.

Tenang database itu hanya kumpulan data-data yang berbentuk tabel, jadi anda semua tidak perlu pusing untuk membuat database, cukup melakukan Exspor dari Aplikasi pendataan (Dapodik) semua operator pasti tau, kecuali mereka yang tidak mengikuti pelatihan  yang dilaksanakan di Permata Hati 1 bulan yang lalu.

Jadi untuk formatnya bagaimana Pak Afdhal .........
untuk membuat formatnya caranya sangat gampang cukup Copas  ( Copy Paste Bahasa orang IT) dari database yang sudah di Exspor dari aplikasi, langsung saja silahkan download formatnya disini.

Jangan Lupa dibawa ya ...... ???

Unknown

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright @ 2015